Monday, June 2, 2014

Yang Penting Berangkulan Dulu

Bismillahirrahmanirrohim
Bada Tahmid wa Shalawat
            Sobat,idealnya seorang muslim memiliki 4 kekuatan :
1.     Aqidah
2.    Ukhuwah
3.    Harta
4.    Fisik

4 kekuatan ini yang membuat islam tak terkalahkan sejak Rasulullah saw diutus s.d menjelang runtuhnya Khilafah pada tahun 1924. Sehingga saat ini lewat kekuatan media kaum kafir ingin menghancurkan 4 kekuatan ini. Namun lewat kekuatan dakwah, kita akan segera membangun kembali 4 kekuatan ini di kampus kita Poltekkes Bandung.
Dari ke 4 kekuatan ini Aqidah adalah yang paling utama, namun manakah yang harus lebih didahulukan dalam memperbaiki kondisi umat?
Yang harus didahulukan adalah ukhuwah..
Karena jika tangan sudah saling berangkulan, akan sangat mudah membawa orang ke jalan Allah swt. Sebelum membahas tentang cara praktis dan taktis dalam merajut ukhuwah, saya ingin memaparkan dahulu 2 kaidah pokok usul fiqih :
1.     Semua ibadah pada dasarnya haram dilaksanakan kecuali yang diperintahkan
Contoh : Boleh tidak kita malam jumat ngaji yasin sambil bakar-bakar menyan? Tentu saja tidak boleh karena tidak ada sunnah yang mencontohkan. Walaupun baca surah yaasin itu ibadah, tapi karena tidak ada perintahnya amal itu ditolak oleh Allah swt dan termasuk kategori Bid’ah yang hukumnya sesat.
2.    Semua muamalah pada dasarnya boleh dilakukan kecuali yang dilarang
Contoh : Rasulullah saw mencontohkan kemana-kemana naik kuda/unta, tapi bolehkah kita naik motor/mobil? Tentu saja boleh, yang tidak boleh adalah naik motor/mobil untuk balapan atau nabrak orang karena itu mengganggu kenyamanan orang lain. Ada dalil yang melarang kita mengganggu kenyamanan orang lain baik orang tsb muslim/kafir.
Ok.. sekarang kita lupakan dulu 2 kaidah tsb. Dalam rangka merajut ukhuwah program apa saja yang sudah kita lakukan? Taklim? Seminar? Atau ada yang lain.. sobat ingatlah ukhuwah itu bukan untuk dibahas tapi untuk dilakukan. Izinkan saya untuk mengusulkan beberapa ide saya terkait proker ukhuwah.
1.     Lakukan Perjalanan !
Ulama mengatakan belumlah seseorang jadi sahabat kalau belum melakukan 3 hal: Melakukan perjalanan bersama, Tidur bersama (Mabit), Pinjam meminjam/saling memberi harta.
Jadi buatlah program seperti rihlah rutin, hikking, touring, wisata kuliner, main ke tempat-tempat wisata dll
2.    Ganti menu makanan
Kenapa harus snack yang jadi konsumsi rutin acara? Kenapa ga coba bakso, cokelat, ice cream, pizza atau makanan lain yang menyenangkan. Kalau kurang dana, strateginya.. setelah acara peserta diharuskan infak untuk mengganti sebagian uang kas yang terpakai.
3.    Ganti desain jaket
Buatlah desain jaket yang berbeda dan modis, yang bisa dipakai bukan hanya pengurus tapi juga orang diluar pengurus, apakah dilarang jika anak LDK memakai baju-baju kualitas distro?
4.    Beri Kejutan
Manusia itu senang dengan kejutan-kejutan kecil, contoh: jika ada teman yang mundur dari dakwah maka kunjungi secara tiba-tiba kostannya, sambil bawa martabak. Inshaa Allah 80% dia akan kembali aktif
5.    3S
Buatlah syal bertuliskan Laskar 3S (Senyum, Salam, Sapa) pakai syal ini kapanpun dimanapun, jika ketemu orang lakukanlah 3S

Dalam bermuamalah kita diharuskan tidak boleh monoton, harus selalu ada improvisasi.
Saat ini musuh-musuh islam seperti nasrani, syiah, JIL dll sedang mengintai. Ayo rangkul semua orang di kampus kita jika tidak kita rangkul, mereka akan dirangkul oleh ‘yang lain’

Wallahu alambishawab

0 comments:

Post a Comment